3 Kelompok Urutan Makeup Pemula yang Wajib Kita Ketahui

3 Kelompok Urutan Makeup Pemula yang Wajib Kita Ketahui – Aku pernah mendengar seseorang mengatakan bahwa dirinya sudah menakjubkan tanpa riasan wajah. Itu bagus. Kita nggak banyak mengeluarkan dana untuk membeli seperangkat peralatan untuk menghias wajah. Jadi, bisa lebih menghemat pengeluaran bulanan. Great!

Tapi ingat ya! Nggak semua wanita akan seberuntung itu. Ada yang memang membutuhkan effort lebih untuk mendapatkan wajah yang cantik dan sehat. Dan itu bukan hal yang buruk. Karena pada dasarnya, wanita memang sangat menyukai keindahan. Terlebih jika berkaitan dengan pasangan. Kita akan berusaha menampilkan apa yang terbaik dari diri kita. Sepakat kan?

Harus sepakat! Karena kita kudu memberi dukungan pada wanita di luar sana yang ingin selalu tampil cantik. Dengan atau tanpa riasan wajah. Jadi Girls, adakah yang masih mau belajar dandan?

3 Kelompok Urutan Makeup Pemula yang Harus Kita Perhatikan

Ada beberapa urutan riasan wajah yang harus kita pahami terlebih dahulu. Mulai dari membersihkan wajah, menggunakan skincare, primer, foundation, bedak, blush on sampai bibir.

Memang terdengar ribet dan banyak sekali tahapannya. Mungkin juga kita akan merasa menggunakan dempul hingga merasa muka jadi tebel kayak tembok. Tapi tenang saja! Kita selalu bisa membuatnya menjadi lebih terlihat flawless dan natural. Asal kita memahami bagaimana tips dan trik merias wajah dong!

Jadi, kita akan mengelompokkan semua riasan wajah yang banyak dan ribet itu menjadi tiga kelompok saja, diantaranya:

Cleansing sebelum makeup

sumber: freepik.com

Related Post

1. Urutan Riasan Wajah Pemula yang Paling Utama adalah Cleansing

Tahap awal untuk makeup pemula adalah cleansing. Maksudnya kita harus membersihkan wajah. Bisa menggunakan milk cleanser atau face wash yang banyak tersedia di pasaran.

Membersihkan wajah ini bertujuan untuk mengangkat kotoran yang mungkin menempel di wajah. Sehingga kita bisa terhindar dari jerawat atau beruntusan yang mungkin ada jika kotoran menumpuk di kulit.

Setelah membersihkan wajah, kita bisa melanjutkan dengan menggunakan toner dan serum wajah. Hal ini untuk mengembalikan pH kulit setelah mencuci wajah dengan air dan sabun.

2. Moisturizer Menjadi Langkah Makeup Pemula Kedua

Tahap ini kita akan melembapkan wajah. Bisa menggunakan produk-produk moisturizer yang ada di toko-toko makeup. Dimana mouisturizer ini juga berfungsi untuk mengunci formula serum di wajah. Namun, kita harus memastikan menggunakan produk yang sudah memiliki ijin dari BPOM ya.

Setelah menggunakan moisturizer barulah kita menggunakan pelembab wajah. Atau kita bisa melewati pelembab wajah dan langsung mengenakan sunscreen atau face oil. Yupz, kita harus menjaga kulit kita dari paparan sinar UV yang berbahaya.

3. Menggunakan Makeup

Kelompok Terakhir Urutan Makeup Pemula yang Wajib Kita Ketahui adalah menggunakan makeup. Pada tahap ini, kita akan melewati banyak sekali tahapan. Tapi, nggak papa. Ada beberapa yang bisa kamu skip kok, Gaes. Jadi, nggak harus kamu lakukan semuanya.

Related Post

Alas Makeup

Setelah memakai semua rangkaian skincare, kita bisa memulai dengan mengaplikasikan alas makeup. Mungkin banyak yang mengenalnya dengan dempul wajah. Nggak papa. Namanya juga pemula. Jadi, wajar jika beranggapan begitu.

Tapi, Gaes! Kita harus mengetahui seenggaknya tiga alas makeup, diantaranya primer, foundation dan concealer. Dimana ketiganya memiliki peran dan fungsi yang berbeda pada wajah kita.

1. Primer

Primer memiliki fungsi mengunci kelembaban alami kulit wajah, memudarkan pori-pori dan mengikat makeup. Produk ini juga bisa membuat tekstur kulit wajah menjadi tampak lebih mulus dan flawless.

Tekstur primer biasanya ringan saja dan kadang nggak memiliki warna. Sehingga, kita nggak perlu khawatir muka jadi terlihat tebal seperti tembok ya, Girls. Hehehe…

Oh iya, kita boleh lho melewatkan hal ini. Tapi menggunakannya akan lebih membuat riasan kita jadi tampak lebih nyata dan tahan lama. Selain itu, nggak bikin crack riasan wajah kita.

2. Foundation

Urutan Riasan Pemula – Setelah primer, kita harus berkenalan dengan foundation yang menjadi salah satu produk paling krusial. Foundation berfungsi menyamarkan warna kulit dan membuat kulit terlihat lebih cerah. Produk ini juga bisa menutupi kekurangan yang ada, seperti bekas jerawat. Sehingga riasan kita terlihat lebih flawless.

Foundation sebagai urutan makeup dasar bagi pemula

sumber: freepik.com

Kita bisa menemukan foundation dalam bentuk cair, bubuk, mousse dan krim. Ada satu hal yang harus kita perhatikan dalam memilih foundation. Kita harus memilih varian yang sesuai dengan warna kulit kita. Nggak terlalu terang atau pun terlalu gelap agar nggak terlihat belang.

3. Concealer

Concealer juga merupakan alas bedak. Biasanya memiliki tekstur yang lebih padat daripada foundation. Produk ini digunakan untuk menutupi kekurangan pada kulit dengan couverage yang lebih tinggi.

Kita bisa mengaplikasikannya di bawah area mata, sudut bawah hidung bahkan menutupi daerah yang berjerawat. Lalu, apakah shading juga termasuk concealer?

Maka, jawabannya adalah iya. Karena shading bisa menutupi kekurangan kita. Misalkan saja, kita ingin hidung kita terlihat mancung, maka kita perlu membubuhkan shading di hidung kita. Atau ketika kita ingin terlihat lebih tirus, kita bisa membubuhkannya di dekat rahang.

Makeup Mata

Setelah selesai dengan alas makeup, kita bisa melanjutkan urutan makeup pemula ke tahap selanjutnya yaitu riasan mata. Ada beberapa yang harus kita perhatikan untuk riasan ini, diantaranya alis, kelopak mata, bulu mata dan di bawah mata.

1. Alis

Pemula biasanya akan kesulitan membuat riasan alis. Kita harus melukis alis dengan menggunakan pensil alis. Dan itu nggak mudah. Jika terjadi kesalahan, maka bukannya mempercantik mata kita yang ada malah terlihat lucu. Belum lagi, keseimbangan antara alis kanan dan kiri.

alis adalah urutan makeup pemula yang paling rumit

sumber: freepik.com

Keterampilan melukis alis ini akan didapatkan dengan seringnya berlatih. Bisa dibilang, jam terbang mempengaruhi hasil begitulah. Maka dari itu, jangan berhenti mencoba hanya dengan sekali percobaan saja ya! Semakin mahir tangan kita melukis alis, hasilnya akan semakin bagus kok.

Bagi teman-teman yang memiliki rambut alis berantakan, kita bisa menutupinya dengan concealer lho. Namun, kita harus melakukannya setelah selesai dengan ukiran alisnya. Agar concealer fokus menutupi rambut alis yang nggak diinginkan saja.

2. Kelopak dan Bawah Mata

Pada bagian kelopak mata, kita akan mengombinasikan warna-warna eyeshadow dan menambahkan eyeliner. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Eyeshadow digunakan untuk membuat mata terlihat tampak segar. Sedangkan eyeliner berfungsi untuk mempertegas bentuk mata.

Kita harus berhati-hati dalam memilih warna untuk riasan kelopak mata. Apalagi jika ingin mengaplikasikan teknik smoky eyes. Karena jika salah, riasan akan terlihat menor dan norak. Nggak mau dong kayak gini.

3. Bulu Mata

Berbeda dengan alis, kita bisa saja menambahkan bulu mata agar lebih terlihat lentik dan tebal. Tapi, bagi yang nggak punya bisa saja hanya menambahkan mascara. Toh, produk make up ini berfungsi untuk menebalkan dan memperpanjang bulu mata agar terlihat lebih lentik.

Tentu saja, kita nggak akan menguasai riasan mata ini dengan begitu saja. Ada banyak sesi latihan yang harus kita tempuh. Ingat ya! Semakin banyak kita berlatih dengan peralatan makeup maka kita akan semakin mahir. Hasil akhirnya, kita akan terlihat semakin cantik dan mempesona. Siapa yang senang jika kita begitu menawan? Tentu saja pasangan kita dong! Hehehe…

Makeup Pipi

Peralatan perias pipi yang wajib adalah brush dan blush on. Meski begitu, kadang kita membutuhkan highlighter untuk menonjolkan salah satu sisi wajah.

Ada beberapa cara mengaplikasikan perona pipi. Nggak bisa sembarangan menggunakannya. Misal kita memiliki pipi yang chubby, tentu kita akan membuat riasan pipi agar seolah-olah terlihat tirus dong. Iya kan?

Makeup Hidung

Lha, hidung juga ada makeupnya. Nggak cukup cuma bedak doang apa ya?

Kita juga perlu membuat riasan di hidung, seperti menambahkan shading agar terlihat mancung. Dan juga menambahkan highlighter di ujung hidung agar terlihat lebih menonjol menjadi kemancungan yang hakiki. Alah, apaan sih ya? Hehehe…

Makeup Bibir

Terakhir adalah riasan bibir. Kita bisa menggunakan lipliner, lipcream atau lipstick biasanya.

makeup bibir sebagai urutan makeup pemula terakhir

sumber: freepik.com

Riasan bibir yang sedang trend saat ini adalah riasan bibir ombre, seperti artis korea. Dimana kita bisa mengaplikasikan lipcream berwarna nude pada semua bagian bibir. Lalu menambahkan lipcream yang lebih terang di bibir bagian dalam.

Kesimpulan

3 Kelompok Urutan Makeup Pemula yang Wajib Kita Ketahui adalah cleansing, moisturizer dan makeup. Kita bisa saja nggak mengaplikasikan semua tools makeup pada wajah. Apalagi, bagi orang-orang yang ingin terlihat lebih natural. Tapi, usahakan saja kita tetap merawat wajah dengan skincare ya, Girls! Semoga Bermanfaat.
Blog Kecantikan

Related Post