Nggak hanya kurang tidur, ini dia penyebab mata panda

Pernah nggak sih menemukan ada lingkaran hitam pada bagian kantung mata? Biasanya orang akan menanyakan apakah kita terlalu sering begadang saat melihat keadaan itu pada kita.

Padahal, penyebab mata panda bukan hanya karena kita kurang tidur lho. Ada beberapa penyebab lainnya juga.

Lantas, emang kenapa kalau kita punya lingkaran hitam pada area mata? Bukannya itu nggak akan berpengaruh pada indra penglihatan?

Mata Panda yang Menyebalkan

Ciri-ciri mata panda adalah bagian kantung mata berwarna lebih gelap dari warna kulit wajah. Seperti lingkaran hitam gitu deh. Kalau sudah begini, kita akan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Hal itu tentu akan terasa sangat menyebalkan. Maksudnya, siapa sih yang mau dibilang tua? Apalagi bagi cewek yang notabene bakal melakukan perawatan untuk terlihat awet muda.

Review Eyessential Night Serum dari Elsheskin Buat Eye Treatmentmu

Related Post

Makanya, mata panda seolah seperti musuh yang datangnya suka tiba-tiba. Perlu trik dan strategi untuk memeranginya. Heheheโ€ฆ.

Penyebab Mata Panda

Agar lebih mudah mengatasi masalah lingkaran hitam pada area mata, terlebih dahulu kita perlu mengetahui apa saja penyebab mata panda. Hal ini juga dapat memudahkan kita untuk menghindari timbulnya masalah pada area sekitar mata.

#1 Kurang Tidur

Kurang tidur atau seringnya begadang memang seringkali diidentikkan dengan penyebab utama mata panda. Hal ini bukan tanpa sebab lho.

Saat kita kurang tidur, darah nggak mengalir dengan baik. Sehingga, kita dapat melihat darah yang terkumpul di bawah mata karena kulit pada area ini sangat tipis.

Selain itu, ketika kita kurang tidur maka mata terlihat membengkak. Kita juga akan mudah lelah. Akibatnya wajah pun tampak kusam.

#2 Mata Panda karena Kebiasaan Menatap Layar

Related Post

Banyak deadline yang harus selesai kadang membuat kita lebih lama menatap layar desktop. Tentu, hal ini akan memberikan efek pada diri kita. Salah satunya adalah munculnya lingkaran hitam pada sekitar area mata.

Hal ini terjadi karena saat mata kita terlalu lama menatap layar akan mengakibatkan ketegangan pada area mata. Ketegangan ini membuat pembuluh darahnya membesar. Sehingga kulit menjadi gelap. Inilah yang kemudian menjadi mata panda.

#3 Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol juga Bisa Menyebabkan Mata Panda

Kebiasaan merokok dan minum alkohol berdampak buruk pada kesehatan dan penampilan lho. Kok bisa begitu?

Menurut Alodokter, kedua kebiasaan ini dapat mengakibatkan menumpuknya cairan di dalam tubuh. Jika kebiasaan ini berlangsung dalam jangka waktu lama, maka aliran darah pada kulit wajah menjadi nggak lancar.

Akibatnya, lingkar mata pun terlihat semakin gelap seperti mata panda.

#4 Paparan Sinar Matahari

Banyak cewek yang enggan terkena paparan sinar matahari terlalu lama. Sehingga, ketika harus ke luar rumah biasanya kita berusaha melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. Misalnya, menggunakan payung, topi atau pelindung kulit seperti sunblock.

Kulit Wajah Kering? Cobain Deep Hydration Calming Moisturizer dari ElsheSkin Saja

Hal ini bukannya tanpa sebab dong. Paparan sinar matahari memicu tubuh untuk memroduksi lebih banyak melanin (pigmen penggelap kulit). Jadi, bukan nggak mungkin kan kalau paparan sinar matahari secara langsung juga bisa menimbulkan lingkaran hitam.

#5 Penyebab Mata Panda Lainnya adalah Faktor Usia

Terakhir adalah faktor usia. Semakin bertambah usia, maka kulit akan semakin tipis. Elastisitas kulit juga berkurang. Sehingga, pembuluh darah semakin terlihat jelas. Pada area sekitar mata jadi timbul mata panda.

Nggak Hanya Kurang Tidur, Banyak Hal Menjadi Pemicu Mata Panda

Kita seringnya menganggap bahwa lingkaran hitam atau mata panda hanya dipicu oleh kurang tidur. Makanya, kita sering mendengar celotehan untuk nggak sering begadang agar nggak punya mata panda.

Padahal, pemicu mata panda bukan hanya itu. Ada banyak hal lain. Kami bahkan menyebutkan lima hal yang dapat menyebabkan mata panda.

Jadi, kita perlu menghindarinya agar nggak punya lingkar hitam pada area mata. Semoga bermanfaat.

Related Post