3 Metode Cleansing Wajah yang Harus Kita Ketahui

2 Metode Cleansing Wajah yang Harus Kita Ketahui – Cewek tentu saja sudah sangat akrab dengan peralatan make up. Bahkan beberapa beranggapan bahwa mereka nggak bisa keluar rumah tanpa menggunakan peralatan lenong. Namanya juga pingin cantik. Iya kan?

Permasalahannya adalah setelah beberapa lama mengenakan make up dan waktunya untuk kembali ke rumah. Cewek akan lebih nyaman dengan kondisi polos tanpa apa pun diwajah. Sehingga perlu beberapa step untuk membersihkan wajah agar nggak mudah disatroni jerawat dan permasalahan kulit lainnya.

Bukan berarti yang nggak demen make up lantas merasa nggak perlu membersihkan wajah ya. Tetap ada tahapan cleansing wajah yang harus mereka lakukan. Yah, minimal ritual mencuci wajah dengan facial foam yang rutin saat bangun dan mau tidur dong.

3 Metode Cleansing Wajah yang Perlu Kita Ketahui

Membersihkan wajah tu rasanya kurang lengkap tanpa cleanser. Iya nggak Girls? Kalau hanya membasuh muka dengan air kok kayak nggak bisa mengangkat semua kotoran yang menempel di kulit ya. Makanya cleanser diharapkan bisa membantu hal tersebut juga menghindarkan kita dari masalah-masalah kulit yang mungkin muncul.

Ada beberapa metode yang bisa kita terapkan saat akan membersihkan wajah. Hal ini menyesuaikan dengan kondisi wajah dan peralatan make up apa yang sudah kita gunakan.

1. Metode Cleansing Wajah Tanpa Make Up

Seperti yang tadi kubilang saat awal, meski nggak mengenakan apa pun untuk merias wajah, kita tetap harus membersihkannya menggunakan cleanser. Biasanya kita menggunakan facial foam yang lembut dan menghidrasi.

Related Post

Oh iya, jangan sering menggunakan bahan pembersih wajah yang ada scrubnya ya! Biar nggak terkena iritasi.

Pada metode ini, kita hanya akan membersihkan wajah dengan jari manis. Dan gunakan gerakan memutar lembut seputar area wajah dengan facial foam untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Metode cleansing wajah tunggal

Membersihkan wajah dengan facial wash (source: freepik.com)

2. Double Cleansing

Namanya juga double ya. Berarti nggak hanya satu tahapan. Sehingga metode cleansing wajah ini adalah bagaimana membersihkan wajah dengan dua tahap. Mengapa harus dua tahap sih?

Make up yang kita gunakan tu kan kadang ada banyak sekali. Mulai dari foundation, primer dan lain-lain. Belum lagi bahan make up yang waterproof. Nggak bakal bisa langsung keangkat hanya dengan facial foam saja.

Makanya ada langkah pertama pembersihan wajah. Biasanya menggunakan cleanser dengan bahan minyak yang bersifat milky, micellar water, dan balm.

Double Cleansing Wajah

First Step Double Cleansing Wajah – freepik.com

Baru kemudian diteruskan dengan tahap selanjutnya. Yaitu membersihkan wajah dengan cream cleanser, cleansing foam atau cleansing gel sesuai dengan jenis kulit kita. Tahap ini berfungsi untuk mengangkat sisa kotoran dari tahap pertama tadi.

Related Post

3. Triple Cleansing

Mungkin teman-teman sudah bisa mengira apa gerangan yang dimaksud dengan triple cleansing. Benar. Metode ini adalah teknik membersihkan wajah secara menyeluruh yang meliputi tiga tahapan. Yah, metode ini bisa kita lakukan saat kita mengenakan make up lengkap.

Metode membersihkan wajah ini memang terkesan lebih ribet. Kita harus melalui tiga kali tahap pembersihan dengan tiga bahan cleanser yang berbeda. Namun, metode ini lebih efektif dalam menghilangkan kotoran pada kulit dan memungkinkan penetrasi lebih dalam dari produk apa pun yang akan kita gunakan.

Lantas bahan apa saja yang bisa kita pakai? Ini bergantung pada jenis dan kondisi kulit kita ya. Biasanya menggunakan micellar water, oil based cleanser dan berakhir dengan facial wash.

Metode Cleansing Wajah Mana yang Akan Kita Gunakan?

Teman-teman bebas mau menggunakan metode apa pun tapi ada syaratnya. Kita juga harus memastikan kebutuhan dan kesesuaian bahan untuk jenis kulit kita ya. Jadi, nggak boleh asal.

Misalkan, kita hanya di rumah saja tanpa menggunakan make up dan sunscreen. Maka, kita boleh menggunakan metode pertama. Sebut saja solo cleansing deh. Membersihkan wajah dengan facial wash saja.

Hal ini tentu berbeda dengan saat kita mengenakan make up lengkap. Akan lebih baik jika kita bisa membersihkan wajah secara menyeluruh. Sehingga, kita nggak khawatir ada kotoran yang masih tersisa dan menimbulkan masalah kulit di kemudian hari.

Terima kasih telah berkunjung di blog Kata Yuni. Semoga artikelnya bermanfaat. Cemiau.

Related Post