Kesalahan Mendesain Kamar Mandi

5 Kesalahan Mendesain Kamar Mandi yang Malah Bikin Berantakan

Beberapa orang seringnya suka jadi penyanyi dadakan. Yups. Kerap kali kita suka menyanyi di kamar mandi. Kayaknya, kegiatan di sana tu paling asyik kalau sambil bernyanyi. Iya nggak Gaes?

Padahal ya, kamar mandi tu termasuk salah satu ruang privacy yang ada di rumah. Tapi pada dasarnya siapa pun bisa menggunakannya. Bahkan tamu yang datang berkunjung juga boleh pakai kalau pas kebelet.

Karena nggak banyak orang yang tahu tentang kamar mandi rumah kita. Kadang kala membuat banyak orang sembarangan dalam mendesain kamar mandinya.

Salah satu contohnya, kita bisa menempatkan perlengkapan kamar mandi seenaknya. sehingga berakibat membuat kamar mandi kita bukannya tampak rapi estetik, malah justru terlihat berantakan.

Kesalahan Mendesain Kamar Mandi yang Harus Kita Hindari

Agar nggak mengalami hal tersebut, maka berikut ini ada beberapa kesalahan mendesain kamar mandi yang harus kita hindari, yaitu:

1. Kesalahan di dalam instalasinya

Faktanya ada banyak kecelakaan dalam kamar mandi yang terjadi karena kesalahan instalasinya. Lho kok bisa?

Kondisi ketika bagian pemanas air justru meledak sampai dengan resiko tersengat oleh listrik. Sehingga mengancam nyawa penghuni rumah tersebut. Untuk itulah maka instalasi harus kita lakukan secara hati-hati.

Bacaan Menarik Lainnya:

2. Ruang yang terlalu sempit

Meskipun banyak hunian yang di desain dengan konsep minimalis. Bukan berarti kita harus membuat kamar mandi yang sangat kecil bahkan terlalu sempit ya. Kenapa?

Karena bagaimanapun, kita akan merasa kurang nyaman saat pakai kamar mandi. Iya nggak sih?

Oleh sebab itulah kita harus benar-benar mempertimbangkan mengenai luas ruangan serta jarak. Keduanya adalah hal yang nggak kalah penting lho.

3. Ruang penyimpanan yang terbatas

Di dalam kamar mandi juga harus kita bekali ruang penyimpanan untuk beberapa jenis perlengkapan. Apalagi bagi cewek dengan begitu banyak pernak-perniknya.

Bayangin deh kalau ukuran penyimpanan kita buat seadanya atau terbatas. Otomatis kita nggak bisa maksimal di dalam menyimpan barang-barang tersebut. Masuk akal dong?

4. Pencahayaan yang kurang

Ada yang nggak terlalu cahaya lampu yang terlalu terang. Makanya, kita mikir buat pakai lampu yang cahayanya redup saja.

Wah. Salah lho jika seandainya kita berpikir begitu. Kenapa?

karena akan cahaya yang redup akan membuat kamar mandi terkesan dingin dan lembab. Emang sih kamar mandi identik sama air dan pasti dingin. Tapi, ‘kan akan lebih baik kalau kesannya kering dan hangat. Iya nggak?

Makanya, kita perlu memastikan pencahayaan yang ada di dalam kamar mandi tetap cukup. Ya Gaes ya.

Bacaan Menarik Lainnya:

5. Ventilasi yang buruk

Apapun keadaanya. Ventilasi udara itu penting. Agar sirkulasi udara dalam ruangan bisa bagus. Khususnya di kamar mandi kita.

Masalahnya, ventilasi yang buruk hanya akan membuat kamar mandi jadi bau. Jelas sekali. Karena udara segar nggak bisa bebas keluar masuk dari sana. Nggak heran kalau kamar mandinya makin tambah pengap.

Jangan Salah Pilih Perlengkapan Kamar Mandi Ya Gaes Ya

Jangan salah pilih peralatan kamar mandi
Credit to www.kohler.co.id/articles/bathroom-product-buying-guides.html

Biar mudah kita bisa dapatkan rangkaian perlengkapan ruang kamar mandi kekinian lho. Bukan cuma itu saja. Semua perlengkapannya punya fitur-fitur berbasis teknologi hanya dari Kohler.

Masalah kualitas produk-produk dari Kohler ini sendiri memang nggak perlu kita ragukan lagi. Apalagi, sekarang produknya juga bisa kita dapatkan secara mudah melalui online.

Jadi, jangan salah pilih ya! Semoga bermanfaat.

Bacaan Menarik Lainnya:

25 comments

  1. Pernah nih renov dan butuh waktu untuk instalasi😄 penting juga untuk pencahayaan dan pilih ubin (warna dan motif) biar nggak makin gelap atau sempit

  2. Kalau kamar mandi itu menurut daku memang asiknya yang nggak sempit tapi jangan terlalu luas juga, capek nyikatinnya haha.
    Kalau sedang² aja itu, lebih leluasa jadinya.

  3. Ingin punya kamar mandi yg nyaman untuk me time bebersih badan.
    Sayangnya lahan terbatas membuatnya hanya punya ruang standar.
    Sisati dgn milih produk yg dibutuhkan aja, dan sepakat kalau menggunakan produk Kohler emanga terjamin sih kualitasnya.

  4. Hahaha.. saya juga suka nyanyi di kamar mandi, Mbak. Pokoknya masuk kamar mandi, spontan saja nyanyi hehehe.
    Dan memang, Mbak. Saya pernah beberapa ke rumah, lalu numpang ke kamar mandi, itu kebanyakan ventilasi udaranya tidak ada. jadi masuk kamar mandi, nyalain lampu. keluar kamar mandi, matiin lampu. Malah mungkin boros listrik dan boros lampu.

  5. nah, penyimpanan di kamar mandi itu juga penting sekali agar bisa memberi ruang untuk semua kebutuhan kita.
    saya juga sukanya kamar mandi yang terang, biar lebih nyaman aja berada disana, klo remang-remang mana lagi ventilasi gak ada atau kurang jadi berasa sesak masuk kamar mandi, huhuhh horor 😀

  6. saya pernah ngalamin kesalahan instalasinya mba, karena tukangnya buatnya ngasal banget gitu jadinya rumah hasilnya sangat tidak maksimal, sembarang gitu buatnya, dan memang harus hati-hati milih tukang biar ga terjadi kesalahan dalam mendesain kamar mandi

  7. Bener nihh, kalo sempit tuh berasa kayak horor malahan kalau aku haha, gabisa bebas gitu, setidaknya idealnya yaah 1,5mx2m gitu kali yaa kak

  8. Ya, memang kamar mandi sempit dan ruang penyimpanan terbatas itu jadi masalah. Hahaha, di rumahku juga. Ruang penyimpanan sedikit jadi ya, ada beberapa yang berantakan. Hikss.

  9. Susah2 gampang ya kak ngatur kamar mandi ini. Tapi tipsnya sangat bermanfaat biar kita ga seenaknya bikin kamar mandi. Ada hal2 yg hrs diperhatikan biar mandi mkn nyaman.

  10. Perihal mendesain kamar mandi saja perlu pemikiran matang ya kak. Bener juga sih, meskipun cuma kamar mandi tapi ya nggak boleh asal-asalan. Apalagi kalau dampaknya malah bikin bahaya seperti pemanas air yang meledak gitu.

  11. Nah ini saya setuju nih. Instalasi kamar mandi harus diperhitungkan dengan tepat dan rapi karena sangat berbahaya. Selain itu kamar mandi harus terang biar kalau kotor kelihatan dengan jelas.

  12. Kamar mandi termasuk salah satu yang penting buatku sih. Meski ini termasuk urusan “belakang” tapi cukup krusial. Kalau pergi ke tempat tertentu, meski tempatnya bagus tapi kalau kamar mandinya jorok dan berantakan buatku nilainya jadi jauh berkurang.

  13. Setidaknya kalau kamar mandi harus muat maksimal orang 3
    Apalagi kalau posisi badan semya besar besar jadi harus paham betul ukurannya saat buat

  14. Ah iya…
    Kami pernah menginap di villa yang nyaman, hanya kekurangannya di kamar mandi.
    Haduh, kalau maunya estetik dengan ruang terbatas, jadinya malah maksa karena sempit dan temaram. Bikin gak pengen lama-lama di kamar mandi. Huhu..

  15. Emang paling utama bagian rumah buat aku tuh kamar mandi ya, dulu pas bangun rumah pertama yg dipikirin desain kamar mandi yg nyaman dan safe 🙂

  16. Sebel banget kalau instalasi jelek dan keran bocor. Jadi malas ke kamar mandi itu. Aku pribadi lebih suka kamar mandi model jadul, pakai bak mandi dan gayung. Lebih segar rasanya bisa jebar jebur

  17. Point nomor dua bener banget nih mbak. Saya pernah nginap di penginapan dengan konsep minimalis gitu, tapi kamar mandinya terlalu minimalis, alhasil sewaktu masuk kamar mandi rasanya pengap banget dan sesak gitu. Jadi ganyaman buat mandi dan bersih-bersih.

  18. Lampu kamar mandi sebaiknya tidak terlalu redup ya, agar kesan dinginnya gk bertambah. Btw emang lebih nyaman tuh kl terang dan kesannya hangat, jadi menggunakan kamar mandi jg lebih tenang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.