Faktor Penyebab Jerawat

Selain Penyumbatan Pori, Ini Dia Faktor Penyebab Jerawat Lainnya

Masa menstruasi adalah masa-masa aku merasa bête. Gimana nggak? Saat itu, jerawatku muncul di wajah. Biasanya di pipiku. Jujur, ini mengganggu banget. Mana sakit kalau nggak sengaja tersentuh.

Aku jadi bertanya-tanya dalam hati. Memang apa saja sih faktor penyebab jerawat? Karena dalam urusan perawatan wajah tu aku rajin banget. Mulai dari cleansing, moisturizer, sunscreen sampai serum sebisa mungkin nggak kuskip.

Tapi tetap saja ada masa-masa saat muncul jerawat di wajah.

Faktor Penyebab Jerawat Selain Penyumbatan Pori

Penyebab utama munculnya jerawat adalah penyumbatan pori oleh debu, polusi dan hal lainnya. Kondisi ini mengundang bakteri penyebab jerawat hingga memunculkan semacam benjolan di kulit.

Bacaan Menarik Lainnya:

Selain itu, ternyata ada factor penyebab jerawat lainnya yang perlu kita ketahui sebagai berikut:

1. Stress

Pertanyaanku, kok bisa sih stress jadi factor penyebab jerawat? Aku yakin Teman-teman pembaca juga punya pertanyaan yang sama ‘kan?

Katanya tu begini. Memang benar stress bukan penyebab jerawat secara langsung. Nggak kayak, begitu kita stress maka jerawat akan muncul begitu saja. Nggak gitu juga ya, Gaes ya.

Lebih ke apa ya. Stress tu jadi faktor penyebab jerawat gitu deh. Jadi saat kita stress, tubuh bakal menghasilkan lebih banyak hormon androgen.

Jenis hormon inilah yang bisa menghasilkan lebih banyak kelenjar minyak di kulit. Bikin sel kulit mati kadang terjebak ke pori-pori. Sehingga muncullah jerawat.

2. Perubahan Hormon

Nah, jerawat yang sering muncul di wajahku mungkin adalah yang penyebabnya karena perubahan hormon. Kondisi ini biasanya terjadi saat menstruasi dan masa-masa pubertas.

Hormon yang berubah kadarnya bernama hormon androgen. Kadar hormone yang nggak seimbang bisa menyebabkan munculnya jerawat. Kok gitu?

Ternyata kondisi ini malah bisa memicu peningkatan produksi minyak dan sel-sel kulit mati jadi susah kita bersihkan. Sehingga menumpuk di pori-pori dan jadi jerawat deh.

Bacaan Menarik Lainnya:

3. Genetik juga Jadi Faktor Penyebab Jerawat

Urusan faktor genetik nih begini. Kalau orang tuanya mudah terkena jerawat, maka ada kemungkinan keturunannya akan mengalami hal yang sama.

Emang sih kita belum bisa mengetahui penyebabnya dengan pasti. Cuma satu hal yang pasti adalah beberapa penelitian bilang kalau ada 15 genetik yang umum mengalami jerawat yang parah. Misalnya jerawat nodul atau pustula.

Meski begitu tetap harus ada penelitian lanjutan sih terkait hal ini. Biar makin yakin saja gitu.

4. Efek Samping Obat

efek samping obat menyebabkan Jerawat
sumber foto: website canva

Ada beberapa obat-obatan yang jika kita konsumsi malah bisa menjadi faktor pemicu jerawat, seperti:

  1. Kandungan obat ini bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri di folikel kulit.
  2. Kontrasepsi bisa mengurangi sirkulasi hormon pengikat globulin. Makanya ini bisa memperparah jerawat, khususnya cewek.
  3. Obat yang kita konsumsi untuk meningkatkan massa otot.
  4. Antidepresan (lithium), vitamin B (B6 dan B12) dan obat epilepsi.

Saat kita harus mengonsumsi obat-obatan jenis ini dan malah bikin jerawat tambah banyak. Maka kita harus konsultasikan ke doktek. Biar kita dapat resep lain yang punya manfaat yang sama.

5. Cuaca

Faktor penyebab jerawat lainnya adalah cuaca. Umumnya saat lingkungan lembab bisa menyebabkan tubuh kita lebih mudah berkeringat. Kemudian keringat ini nantinya mudah bercampur dengan sel kulit mati dan kotoran.

Kalau sudah begitu. Maka akan menumpuk dalam pori. Selanjutnya sudah bisa kita tebak ya. Muncullah jerawat cinta yang bikin kita bête.

Oleh karena itu, penting sekali merawat kulit. Terlebih sebelum dan setelah menggunakan make up. Bila perlu lakukan metode double cleansing. Biar kita makin yakin bahwa kulit kita bersih dan bebas dari kotoran yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Bacaan Menarik Lainnya:

13 comments

    1. Alhamdulillah kulitku kering jadi jerawat jarang datang, sesekali sajaa sih tidak setiap bulan keluar jerawat.

      Disyukurilah yaa soalnya ada temanku dekat yang lelah dengan jerawat hilang satu tumbuh tmp lain, sampai lelah treatmentnya 😢

  1. Memang ada beberapa penyebab tumbuhnya jerawat ya, Mbak.
    Kalau saya, pas jerawat itu, pas masih SMP, masa ABG hahaha. Jadi waktu itu hanya cuci muka saja dengan sabun pembersih. hanya memang ada teman saya itu jerawat kerena faktor keturunan.

  2. artikel yang menarik, soalnya saat ini saya dilanda jerawat di pipi kanan. Mungkin jg faktor cuaca yg kdg hujan atau panas.

  3. Aku bersyukur sih kak termasuk yang punya wajah jarang jerawatan sejak duu sampe sekarang, kecuali pas datang bulan. Ngeliat temen2 yang acne fighter, perjuangannya emang luar biasa. Kudu penanganan tepat lewat tahu penyebabnya ya

  4. Kalau aku, jerawatan biasanya habis mens atau pas males ngebersihin wajah. Dan jujur, jerawat emang mengganggu bgt… Enggak cuma mengganggu penampilan, tapi juga bikin BeTe.

  5. Ternyata cuaca juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat ya. Hehe…kudu rajin bersihkan wajah kalau gitu. Thx ya mba informasinya

  6. Wah cuaca ngaruh juga yaaa, kalau saya pribadi sih kebetulan tidak langganan jerawat. Hanya biasanya muncul nih kalau dekat tanggal datang bulan. Mungkin itu masuk bagian dari perubahan hormon yaa.

  7. Aku dulu punya temen yang cantiiik banget.
    Tapi punggungnya penuh jerawat. Itu katanya beliau genetik.
    Dan memang ada juga yang pengaruh hormon bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat bahkan di daerah yang tertutup.

  8. Kalau susu penambah massa otot, apakah masuk kategori obat penambah massa otot, Mbak?
    Karena sebelumnya saya sering konsumsi susu penambah massa otot, cuma tidak berjerawat sih.
    Jerawat hanya tumbuh pas masa SMP dan SMA.. Hehee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.