Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan

3 Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan yang Perlu Kita Cobain Nih

Rasanya kita sudah terlalu familiar dengan manfaat daun sirih untuk perempuan. Khususnya berkaitan dengan organ vital. Iya nggak sih? Iya dong pasti.

Kalau nggak percaya. Coba deh kita cek produk sabun yang bahan dasarnya daun sirih di pasaran! Pasti kita nemunya kebanyakan adalah produk buat ceboknya cewek.

Tapi emange manfaat sirih cuma buat itu doang? Nggaklah. Ada manfaat lainnya. Seperti yang akan kuceritakan berikut ini. Simak ya, Gaes!

Apa sih Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan?

Daun sirih tu bentuknya bagus ya. Mirip-mirip sama love gitu deh. Dulu di depan rumah nenekku ada tanamannya. Merambat pada pohon cabe jamu.

Tapi sekarang wes lenyap. Waktu renovasi rumah baik pohon cabe jamu dan tanaman sirihnya dibabat habis. Padahal manfaatnya banyak sekali, termasuk untuk obat tradisional dan kecantikan.

Bacaan Menarik Lainnya:

Eh. Daun sirih juga bermanfaat untuk kecantikan. Apa saja emang manfaat daun sirih untuk kecantikan?

1. Mengatasi Jerawat

daun sirih bermanfaat untuk atasi jerawat
Credit foto to canva.com

Hal pertama yang bikin cewek keki adalah jerawat. Aku biasanya punya masalah ini saat menjelang menstruasi. Mungkin karena hormon dan lain-lain.

Kita bisa mengatasi masalah ini dengan daun sirih lho. Terutama daun sirih hijau. Kok bisa?

Daun sirih sudah terbukti secara ilmiah punya sifat antibakteri yang sangat kuat dari kandungan tanin, flavonoid, dan saponin. Sementara salah satu penyebab jerawat adalah bakteri. Namanya Propionibacterium acnes.

Tapi, sebenarnya tu ya. Bakteri ini tu nggak bakal bikin masalah terhadap wajah kita. Dengan catatan bakteri itu menclok ke wajah kita saat dalam kondisi normal. Dalam artian bersih dan nggak ada kotoran yang berpotensi bisa menyumbat pori.

Beda ceritanya ketika kelenjar keringat dan sebasea menghasilkan air, asam amino, urea, garam, dan asam lemak. Dalam artian wajah kita kotor gitu dah. Kondisi ini sama kayak kita ngasih makan bakteri itu. Dan membuatnya leluasa menumbuhkan jerawat.

Lantas, pertanyaan lanjutannya adalah gimana cara pakai daun sirih biar bisa sesuai manfaat untuk mengatasi jerawat?

Saran dari website sehatqu adalah membuat larutan daun sirih dengan konsentrasi 20 mg/ml.

Bacaan Menarik Lainnya:

2. Dapat Menyembuhkan Luka

Luka di wajah itu biasanya cuma kecil saja. Karena tergores dan terjadi infeksi bakteri Staphylococcus aureus.

Meskipun kecil tapi kemulusan wajah jadi ternoda. Bikin kita agak keki dan mengurangi tingkat kepedean.

Untuk menyembuhkannya, kita bisa memanfaatkan daun sirih merah. Kandungannya berupa flavonoid, alkaloid, saponin, polifenol, dan minyak atsiri yang mampu bertindak sebagai antibakteri.

Selain itu, saponin dapat menjadi antiseptik yang bisa mempercepat penyembuhan luka. Sehingga, bakteri itu nggak sampai menginfeksi lukanya.

3. Mengatasi Alergi atau Rasa Gatal di Wajah Kita

Manfaat daun sirih untuk kecantikan terakhir adalah mampu mengatasi alergi atau rasa gatal di wajah kita. Rasa gatal ini bisa mengundang masalah lain kalau nggak segera kita bereskan.

Caranya gimana? Mudah saja sih. Kita bisa lakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Kita hanya perlu menghancurkan beberapa lembar daun sirih merah.
  2. Lalu ambil ekstrak jusnya.
  3. Kemudian kita campur dengan sedikit parutan atau bubuk kunyit.
  4. Setelah itu, kita bisa oleskan masker ini ke bagian wajah yang mengalami alergi atau gatal.

Apa Manfaat Lain dari Daun Sirih?

Dulu kukira daun sirih cuma bagus buat cebok atau jamu tradisional doang. Ternyata setelah kita telaah kembali, ada juga manfaat daun sirih untuk kecantikan.

Gimana, Gaes? Adakah manfaat daun sirih untuk hal lain. Boleh sharing di kolom komentar lho.

Bacaan Menarik Lainnya:

14 comments

  1. Beneran lagi nyari daun sirih karena wajah saya kering karena cuaca berangin di desa
    Perih karena sempat juga terkelupas
    Semoga segera dapat daunnya agar cepat teratasi masalah kulit wajah

  2. Daun sirih ini juga bagus untuk membersihkan mata, Mbak. Jadi saya remas pake air hangat, lalu disaring. Setelah itu mata direndam, sambil dicep-cep. Memang perih sekali, tapi mata langsung bersih dari kotoran dan penglihatan cling hehehe.
    Manfaat lain daun sirih untuk nginang. Makanya nenek saya senang sekali, waktu ibu saya nanam sirih di halaman rumah hahaha.

  3. Salah satu tanaman yang memang dipercayai mempunyai khasiat bagus untuk kesehatan dan sudah terbukti sejak puluhan tahun. Selain bermanfaat untuk tubuh juga memang bagus untuk bersihin perabot juga kak.
    Beneran tanaman multi fungsi dan manfaat yaaa

  4. Daun sirih manfaatnya memang sangat besar buat kita.
    Buat mencarinya aja gak mudah, dan sebisa mungkin daun sirih ini bisa jadi tanaman apotek hidup sih ya di rumah

  5. Daun sirih memang banyak manfaatnya. Udah gitu tumbuhnya juga mudah. Kemarin temenku post anaknya habis merendam kakinya pake air dengan daun sirih. Bisa buat peradangan, pegel2 dll

  6. Daun sirih banyak nih di rumahku, hehehe
    Dulu aku pake untuk mandi selama seminggu setelah melahirkan, terutama ke bagian bawah yang dijahit ituuu
    Bapakku suka langsung makan juga daun sirih kalau lagi sariawan

  7. Duluu waktu kecil saya suka mimisan dan di kasih daun sirih di linting masukin hidung Alhamdulillah mampet.

    Daun sirih juga bisa di rebus airnya buat cuci mata biar bersih.

  8. Oalah baru tahu aku
    Ternyata daun sirih juga punya banyak manfaat buat kecantikan ya mbak
    Aku dari dulu sih rutin minim rebusan daun sirih

  9. Aku dari dulu rekues minta daun sirih hijau dan merah ke Ibuku, tapi belum dikasih juga nih..
    Karena tau banget manfaat alaminya bisa terasa ketika konsumsi rutin. Dan bagi wanita, kecantikan itu kudu dijaga dengan bahan alami seperti Daun Sirih.

  10. Pernah ini mbk. Tengah malam, perut bapak sakit banget, udah sakit banget tuh. Kakinya dingin, demam. Eh masku ambil beberapa helai daun sirih di samping rumah. Terus direndem air hangat, abis itu daunnya ditempelkan ke perut bapak. Qadarullah, bisa menenangkan bapak sampai tidur. Emang daun ajaib ini cukup ciamik khasiat buat kecantikan juga mbk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.