2 Cara Merawat Kulit Berminyak, Ladies Wajib Tahu

2 Cara merawat kulit berminyak kadang gampang-gampang susah. Di satu sisi, ada manfaat yang kita dapatkan saat memiliki kulit berminyak. Tapi sayangnya, ada beberapa masalah yang akan timbul dengan kondisi kulit tersebut. Salah satunya adalah kulit mudah berjerawat. Iyuh nggak banget kan Geng?

Selain masalah jerawat, kulit berminyak juga gampang banget membuat kulit kita jadi tampak kusam. Makanya, kita harus berhati-hati dalam merawatnya. Karena jika salah dalam memilih perawatan, akibatnya adalah kandungan sebum pada kulit yang berantakan.

Dimana sebum merupakan komponen yang dihasilkan oleh kelenjar sebasea di bawah kulit. Komponen ini berfungsi untuk melembapkan kulit kita. Jadi, hati-hati saat memilih produk perawatan kulit berminyak ya, Geng. Agar kandungan sebum tetap terkontrol dan kelembaban kulit kita tetap terjaga deh.

Faktor Penyebab Kulit Berminyak

Sebelum kita membicarakan mengenai bagaimana merawat kulit berminyak, hendaknya kita mengetahui apa saja faktor penyebab kondisi kulit tersebut.

Meski kita nggak mengetahui dengan pasti apa sebenarnya factor penyebab kulit berminyak. Kita tetap memiliki beberapa prediksi mengenai hal ini. Salah satunya adalah aktivitas dan ukuran kelenjar minyak. Selain itu, factor lain meliputi:

  • Perubahan hormon
  • Related Post
  • Faktor genetik
  • Konsumsi makanan yang nggak sehat
  • Penggunaan makeup yang nggak tepat
  • Udara yang panas dan lembap.
  • Stres

Setelah mengetahui faktor-faktor ini, kita perlu berusaha untuk menghindarinya. Agar perawatannya nggak terlalu membutuhkan effort yang gedhe.

Bagaimana Cara Mengetahui Jenis Kulit

Ada satu cara untuk mengetahui jenis kulit berminyak atau bukan meski tanpa konsultasi pada dokter kulit. Coba kita perhatikan daerah zona T, yaitu daerah dahi, hidung dan dagu. Jika, daerah tersebut terlihat mengilap dan licin saat disentuh. Maka, kulit kita termasuk dalam kategori kulit berminyak.

Related Post

Sehingga, kita perlu berhati-hati saat memilih skincare untuk perawatan. Kalau perlu kita bisa berkonsultasi pada dokter kecantikan agar tepat memilih produk kecantikan untuk permasalahan kulit kita.

Skincare yang Baik untuk Kulit Berminyak

Rahasia merawat kulit dari luar adalah terletak pada pemilihan skincare. Setiap jenis kulit mempunyai karakteristik dan permasalahan yang berbeda. Sehingga, bahan penyusun skincarenya pun nggak sama.

Misalnya, kita memiliki wajah berminyak. Permasalahan pada kulit kita adalah kandungan sebum yang berlebih. Kadang-kadang, sebum ini menumpuk dan menyumbat pori-pori. Lalu menimbulkan jerawat yang mengganggu penampilan.

Dengan demikian, kita membutuhkan skincare yang bisa mengontrol kandungan sebum atau mengurangi kandungan minyak pada kulit. Selain itu, kita juga membutuhkan skincare yang bisa mengecilkan pori-pori dan mampu mengatasi jerawat, seperti skincare berbahan aloe vera.

Skincare aloe vera untuk kulit berminyak

sumber : pixabay.com

2 Cara Merawat Kulit Berminyak

Kulit berminyak itu kadang bikin jengkel. Bayangin aja, kita udah pakai make up cakep banget. Eh, luntur gegara minyak berlebih.

Sebenarnya, kita bisa sih menggunakan produk yang matte dan anti badai. Tapi, kita kudu ekstra juga saat membersihkannya. Karena, akan mengundang masalah kulit lain ketika membersihkannya asal-asalan.

Lantas, gimana sih teknik merawat kulit berminyak yang benar? Berikut ini ada 2 trik yang bisa kita gunakan untuk merawat kulit berminyak, diantaranya:

1. Perawatan Kulit Berminyak dengan Skincare

Teknik pertama yang bisa kita pakai untuk merawat kulit berminyak adalah dengan menggunakan skincare. Pastikan menggunakan produk yang tepat dan mampu mengatasi masalah kulit jenis ini ya, Gaes.

Adapun metode merawat kulit berminyak adalah sebagai berikut:

  1. Rutinkan mencuci wajah. Pilihlah pembersih wajah yang bisa mengurangi kandungan minyak. Pembersih ini biasanya mengandung alpha-hydroxy acid (AHA) seperti asam sitrat, asam laktat, atau asam glikolat.
  2. Jangan memilih toner yang mengandung alcohol.
  3. Lakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati.
  4. Tetap menggunakan sunscreen pada pagi hari ya.
  5. Pilih pelembab wajah yang nggak mengandung minyak (noncomedogenic), biasanya pelembab yang mengandung aloe vera.
  6. Saat malam hari, kita harus menggunakan pelembab wajah.
  7. Jika akan menggunakan masker wajah, pilih masker lumpur yang mengandung mineral, seperti smectite atau bentonite.
  8. Kita juga bisa menggunakan produk penyerap minyak, seperti blotting paper.
Masker Lumpur untuk merawat kulit berminyak

Sumber : pixabay.com

2. Perawatan Kulit Berminyak dari Makanan

Salah satu factor penyebab kulit berminyak berasal dari konsumsi makanan yang nggak sehat. Maka dari itu, kita juga bisa merawat kulit dari pola makan.

Beberapa makanan yang baik untuk kulit berminyak diantaranya mentimun, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, pisang, alpukat, bayam, lentil, jeruk, dark chocolate, air kelapa, hingga air lemon.

Lalu, apa saja makanan yang harus kita hindari agar nggak menambah kandungan minyak pada kulit? Pastikan kita menghindari beberapa makanan ini ya, Geng. Diantaranya produk olahan susu, makanan atau minuman berkafein, makanan mengandung lemak jenuh, makanan asin, makanan mengandung gula, hingga konsumsi alkohol.

Skincare yang Harus Dihindari untuk Kulit Berminyak

Setelah tadi kita berbincang mengenai skincare apa yang harus kita pakai saat memiliki wajah berminyak. Nah, saatnya mengingatkan Teman-teman mengenai skinare apa yang harus kita hindari.

Ada beberapa bahan skincare yang nggak boleh dipakai oleh pemilik kulit berminyak, diantaranya:

  1. Minyak Mineral seperti Paraffin Oil atau Petroleum Oil.
  2. Alkohol, makanya kita kudu milih toner yang nggak mengandung alkohol.
  3. Minyak Kelapa.
  4. Silikon.
  5. Paraben.

Kesimpulan

Jadi, Gaes! Kulit berminyak tu nggak bisa kita rawat sembarangan. Jangan sampai karena nggak ingin mengurangi minyak pada kulit, eh malah bikin kulit kita kering.

Seenggaknya ada 2 cara yang bisa kita gunakan. Kita bisa merawat kulit berminyak dengan penggunaan skincare atau menerapkan pola makan yang sehat.

Semoga bermanfaat.

Related Post